Jumat, 04 November 2011

COKELAT DAN MANFAATNYA

COKELAT....

     Cokelat berasal dari tumbuhan kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan pertama kali tumbuh di daerah Amazon utara sampai Amerika Tengah. Sejak 400 SM bangsa suku Maya telah mengonsumsi cokelat sebagai minuman. Awalnya kakao digunakan sebagai minuman dan selaput putih pada biji kakao digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol. Minuman cokelat berbentuk cairan berbuih dengan taburan lada merah, vanila, dan campuran rempah-rempah lain. Minuman ini dipercaya sebagai pencegah lelah. Sampai sekarang cokelat masih menjadi pilihan baik sebagai minuman, cokelat batangan, maupun campuran makanan.
     Cokelat memiliki berbagai macam jenis seperti cokelat pahit (baking chocolate), cokelat pekat (dark chocolate), cokelat susu (milk chocolate), cokelat semimanis (semisweet chocolate), cokelat agak pahit (bittersweet chocolate) cokelat putih (milkchocolate), dan kakao bubuk (cocoa powder).

MANFAAT COKELAT....

     Cokelat juga memiliki berbagai manfaat. Jika selama ini orang orang takut untuk mengonsumsi cokelat karena takut gendut, perlu diketahui bahwa lemak cokelat terdiri dari asam oleat 35% lemak jenuh dan 60% (asam stearat 35% dan asam palmitat 25%). Asam palmitat dapat menaikkan kadar kolesterol namun dapat diimbangi dengan asam stearat yang menetralkan kolesterol dan asam oleat yang menurunkan kadar kolesterol.
      Cokelat mengandung tinggi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.
      Cokelat dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, terutama cokelat pekat. Cokelat pekat kaya akan flavanol yang membantu kesehatan jantung.
      Minuman cokelat dapat menurunkan tekanan darah.
   Cokelat dapat menimbulkan rasa senang dan antidepresi.

Meskipun cokelat memiliki berbagai manfaat namun perlu diperhatikan konsumsinya. Cokelat tinggi energi, lemak , dan gula sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya konsumsi cokelat dengan kandungan cocoa minimal 60-70%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar